Terima kasih telah mengunjungi www.sevenkamera.blogspot.com"Seiring dengan kemajuan tekhnologi dibidang kamera, saat ini banyak kamera2 dikemas dalam bentuk2 Unik & Keren!" Semuanya terkemas disini: www.sevenkamera.blogspot.com, "Blog berisi semua tentang Kamera-kamera keren & unik!"

Sabtu, 17 November 2012

Kamera Handphone Vs Kamera Digital

Kamera Handphone Vs Kamera Digital
Persaingan ponsel berkamera tak hanya mengandalkan kualitas ketajaman gambar, tapi juga penampilan fitur, desain maupun asesoris tambahan lainnya. Kemajuan teknologi dalam produk seluler, kini telah meningkatkan kualitas kamera di dalam ponsel. Ketajaman gambar serta besarnya resolusi kamera hingga 5 bahkan 8,1 megapixel telah meredifinisi makna sebuah ponsel. Bila awalnya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi suara dan pesan (SMS), kini sebuah ponsel sudah dilengkapi dengan kamera digital. Bahkan kemampuan dan kualitas ponsel dalam merekam sebuah objek, sudah hampir setara dengan kamera digital pada umumnya. Dengan besarnya resolusi kamera tersebut, sulit membedakan hasil jepretan handphone kamera dengan kamera digital pada umumnya.

Memasuki kuartal pertama tahun 2008, dunia camera digital agak merasa was-was dengan maraknya handphone yang memiliki kamera dengan megapixel yang tinggi. Persaingan antara handphone versus kamera digital mulai memanas ketika perusahaan telekomunikasi besar seperti Sony Ericsson yang berencana akan merilis produk terbarunya dengan kamera 8,1 megapixel, belum lagi pihak Nokia, Samsung dan LG yang segera menyusul keberadaan ponsel kamera dengan pixel tinggi. Padahal, vendor-vendor handphone kenamaan tersebut baru saja merilis ponsel berkamera 5 megapixel. Dan bisa dibilang, untuk saat ini kamera ponsel 5 mega pixel adalah kualitas tertinggi yang ada di pasaran.

Kini, produsen ponsel sedang giat-giatnya merilis ponsel yang berkamera lebih dari 5 megapixel, bahkan sudah ada yang mencapai 8,1 megapixel dan cyber-shot. Dengan handphone berkamera lebih dari 5 megapixel, konsumen dapat memotret gambar secara bagus dan sekaligus dapat berkomunikasi, hanya dengan menggunakan satu alat. Sementara untuk camera digital, hanya dapat digunakan untuk memotret. Sedangkan jika ingin menghubungi seseorang atau untuk berkomunikasi, maka konsumen memerlukan satu alat lagi, yaitu handphone. Oleh karena itu, sebagian besar orang menilai, bahwa dengan hanya membawa kamera digital saja tidak cukup, namun menjadi tidak praktis ketika harus membawa dua alat. Hal inilah yang membuat handphone lebih disukai oleh sebagian besar orang.

Walaupun untuk masalah resolusi kamera baik pada handphone ataupun camera digital adalah sama, namun kamera digital memiliki kelebihan yakni kemampuan zoom optic yang lebih kuat. Dalam hal ini, kamera digital telah mampu melakukan pembesaran zoom optic hingga empat kali. Sedangkan untuk handphone hanya mengandalkan lensa yang statis dengan pembesaran secara digital. Akan tetapi dengan adanya fakta bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia sepertinya lebih menyukai handphone yang berkamera resolusi tinggi, menyebabkan para produsen ponsel seluler menjadi lebih bersemangat mengembangkannya karena dirasa mampu menjanjikan keuntungan yang jauh lebih besar. Sebab kelengkapan fitur dan kualitas gambar yang dihasilkan oleh handphone berkamera ini boleh dibilang hampir se-level dengan kamera digital pada umumnya.

Sumber:
http://artikel-koran.blogspot.com 

0 komentar

Posting Komentar